UPAYA MENGGALI KEBENARAN

1 2 3 4 5 Rating 4.52 (44 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Amsal 2:1-22

Jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah. (Amsal 2:4-5)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Ester 1-3



Pernahkah Anda menyaksikan orang menggali emas? Di seantero Kalimantan cukup banyak penambangan emas tanpa izin. Kalau Anda sempat mencari foto-fotonya di internet, Anda akan mendapati, peralatan untuk mencari emas tidak sederhana. Menggali emas tidak sama seperti mencari cacing untuk memancing. Di tanah-tanah yang gembur, cukup dengan bantuan sendok, Anda bisa dengan mudah menemukan cacing. Emas berada di kedalaman, bukan di kedangkalan. 

Ayat-ayat di Amsal yang kita baca pada hari ini menegaskan: hikmat Tuhan tidaklah instan. Ia diibaratkan perak dan harta terpendam. Hikmat Tuhan dapat kita gali lewat seringnya membaca, merenungkan, dan mempelajari Firman Tuhan. Kalau membaca bagian perikop ini secara keseluruhan, kita pun akan tahu bahwa hikmat Tuhan yang kita peroleh akan menuntun kita untuk mendapatkan kebenaran dan menolong menghadapi berbagai hal dalam kehidupan ini. 

Kita hidup pada zaman ketika berbagai seminar dan acara pengembangan diri dan kesuksesan laris manis di masyarakat. Kesuksesan—yang identik dengan pencapaian dan keberhasilan— lebih dipuja-puja daripada hidup yang sesuai firman Allah. Karena itulah tak jarang orang rela berlaku serong ketika ingin meraih sukses. Alkitab pun dilupakan banyak orang Kristen. Kekayaan hikmat dan pengertian yang terkandung di dalam Alkitab akan menuntun kita menjadi lebih bijaksana. Sudah tiba waktunya bagi kita, yang selama ini mengabaikan Alkitab, untuk membukanya lagi, dan menemukan hikmat yang menolong kita melakukan kehendak-Nya.

—SN/www.renunganharian.net


KETIKA KITA INGIN MENEMUKAN HIKMAT DAN KEBENARAN DARI FIRMAN TUHAN,
KITA HARUS MELUANGKAN WAKTU AGAR HATI KITA DITERANGI SABDA-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.