LIHAT BAPAKNYA

1 2 3 4 5 Rating 4.32 (28 Votes)

Baca: Ulangan 6:1-25

Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun (Ulangan 6:7)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Raja-Raja 9-11



Seorang anak ketahuan sedang mencuri mangga tetangga. Tetangga sangat marah dan berkata, “Awas, ya! Kamu masih kecil sudah berani mencuri. Akan saya laporkan kepada bapakmu supaya kamu dihajar.” Tiba-tiba si anak menengok ke atas pohon dan berteriak, “Pak, Bapak, cepat turun, kita ketahuan!” 

Humor itu mengingatkan saya pada pepatah lama: air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga. Pada umumnya sifat seorang anak mengikuti teladan orangtuanya. 

Tuhan memerintahkan bangsa Israel mengajarkan firman-Nya kepada anak-anak mereka berulang-ulang dengan membicarakannya saat duduk di rumah, saat dalam perjalanan, saat berbaring dan bangun. Pada setiap kesempatan orangtua di dorong terus menerus mengajarkan firman kepada anak-anak (ay. 7). Tentu Tuhan punya alasan kuat tentang perlunya mengajarkan firman kepada anak sejak kecil. Firman Tuhan dipercaya sebagai sumber norma atau nilai utama yang akan membentuk karakter anak.

Rasul Paulus pun mengingatkan para bapak di jemaat Efesus, agar tidak membangkitkan amarah di dalam hati anak-anak mereka. Sebaliknya, mereka perlu mendidik anak-anak itu di dalam ajaran dan nasihat Tuhan (Ef. 6:4).

Karena itu, jangan terburu-buru menyalahkan anak dan mengeluh melihat tingkah anak kita. Kita dapat berintrospeksi, apakah ajaran dan contoh hidup kita di depan anak-anak sudah selaras dengan firman-Nya? Berdoalah agar mereka diubahkan melalui ajaran dan contoh tersebut.—IN

AJARAN YANG DISERTAI DENGAN CONTOH HIDUP
AKAN MELEKAT KUAT DAN BERKESAN PADA ANAK-ANAK


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.