SIKAP BERTOBAT

1 2 3 4 5 Rating 4.68 (22 Votes)

Baca: Lukas19:1-10

Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan, "Tuhan, lihatlah, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat." (Lukas 19:8)


Bacaan Alkitab Setahun:
Hakim-Hakim 6-7



Ikan bebas berenang, termasuk ketika harus melawan arus. Hanya ikan yang mati yang akan hanyut terbawa arus. Dalam hal berenang, ikan mendayagunakan sebaik mungkin keadaan air untuk bergerak menurut tujuannya. Ia tidak dipengaruhi dan dikendalikan oleh arus air; sebaliknya, ia memanfaatkan arus air bagi kepentingannya.

Kira-kira seperti ikan itulah hubungan kita dengan arus dunia ketika kita bertobat. Kita tidak lagi dikuasai arus dunia, kita bisa bebas melangkah meninggalkan kebiasaan buruk dan gaya hidup berdosa yang mengikat dan membelenggu kita. Kita dimampukan untuk menjalani gaya hidup yang baru.

Yesus telah membebaskan dosa-dosa kita dan memberi jaminan hidup yang kekal. Sekarang kita diberi kuasa atas pengaruh dunia dan dimampukan untuk melawan keinginan daging dan kebiasaan buruk. Lihatlah Zakheus. Ia tidak merasa terhakimi oleh orang-orang yang berkata bahwa dirinya orang berdosa dan tidak pantas menerima Yesus di rumahnya. Dan, kehadiran Yesus ternyata mengubah sikap Zakheus secara radikal. Ia menjadi orang yang murah hati (ay. 8).

Itulah buah pertobatan yang dihasilkan oleh Zakheus. Bagaimana dengan kita? Apakah kita masih membenci sesama, tidak mau mengampuni, berprasangka buruk terhadap orang lain, hidup dalam kecemaran dosa masa lalu? Marilah kita bertobat dan berbuah dalam kehidupan kita. Jangan katakan kita tidak bisa. Roh Kudus yang diberikan di dalam diri kita akan mengerjakan buah Roh-Nya di dalam hidup kita.—SCN

PERTOBATAN ADALAH PERUBAHAN PIKIRAN YANG BERDAMPAK
PADA PERUBAHAN SIKAP DAN GAYA HIDUP


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.