Sudah terbit: Volume 38!
Sudah terbit: Volume 20!

HELENA

1 2 3 4 5 Rating 4.14 (22 Votes)

Baca: Lukas 8:1-3

Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka. (Lukas 8:3b)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Bilangan 8-9



Setelah didera gelombang penganiayaan pada abad-abad sebelumnya, nasib gereja berubah drastis pada permulaan abad IV. Pada tahun 324 kaisar Romawi Konstantin memaklumkan kepercayaannya pada Kristus. Helena, ibunda kaisar yang juga seorang Kristen dan sangat dihormati putranya, memiliki akses besar ke dalam kekuasaan. Dipakainya akses itu untuk ikut mendirikan banyak gedung ibadah dan situs-situs kristiani yang megah. Sosoknya amat dihormati oleh banyak tradisi kaum beriman. 

Sebelum tampilnya Helena, tabib Lukas—penulis Injil Lukas dan Kisah Para Rasul—memberikan perhatian yang istimewa pada peran kaum perempuan dalam gerakan pewartaan injil. Mengapa? Sebab kaum Hawa ini giat melayani “dengan kekayaan mereka.” Artinya, dengan pengaruh, akses, dan harta yang ada pada mereka. Maria Magdalena, Yohana, dan Susana terbilang di dalamnya. Kelak, tampil nama-nama lain: Tabita di Yope (Kis. 9:36), Lidia, pedagang kain ungu dari Tiatira (Kis. 16:14), dan Priskila di Korintus (Kis. 18:2). 

Pengalaman dan pengamatan saya berkata senada. Saya kagum kepada para ibu yang kesetiaan, dedikasi, dan sumbangsihnya dalam pelayanan sangat nyata dan terasa. Mereka mengikuti jejak para pendahulu. Jika Anda terhitung dalam kaum istimewa ini, selamat melanjutkan kiprah! Jika Anda menjumpai sosok seperti mereka, bersyukur, dukung, dan hargailah mereka! Akhirnya, biarlah kesetiaan dan dedikasi mereka turut memantik api inspirasi dan memotivasi kita semua demi melayani Tuhan. —PAD

SATU LANGKAH KESETIAAN DALAM PELAYANAN AKAN MEMBENTUK
DERAP BERSAMA DALAM BARISAN KERAJAAN ALLAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: