KARENA KAPTEN COOK

1 2 3 4 5 Rating 4.04 (26 Votes)

Baca: Kisah Pr. Rasul 16:4-12

Pada malam harinya tampaklah oleh Paulus suatu penglihatan: Ada seorang Makedonia berdiri di situ dan memohon kepadanya, “Menyeberanglah kemari dan tolonglah kami!” (Kisah Pr. Rasul 16:9)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yosua 4-6



William Carey (1761-1834) adalah misionaris Inggris yang melayani selama 41 tahun di India, menerjemahkan Alkitab ke dalam puluhan bahasa lokal, menjalankan pendidikan dan pelayanan kesehatan, memperjuangkan masalah sosial dan mengatasi kemiskinan di sana. Melalui tulisan dan dorongannya, terbentuk banyak lembaga misi di Inggris dan Amerika, juga muncul ratusan penginjil yang siap diutus ke seluruh dunia. Karena itulah ia dikenal sebagai “Bapak Misi Modern”. 

Menariknya, perhatian Carey terhadap misi pertama kali muncul setelah ia membaca jurnal petualangan Kapten Cook, seorang penjelajah dan navigator Inggris yang juga membuat peta untuk daerah-daerah baru yang dijelajahinya. Carey pun ingin agar ada orang-orang yang memberitakan Injil ke tempat-tempat tersebut. 

Pemanggilan Paulus ke Makedonia juga tergolong unik, yaitu melalui suatu penglihatan: seorang Makedonia memintanya menyeberang dan menolong mereka. Lalu Paulus dan timnya berkesimpulan bahwa Allah memanggil mereka ke sana, setelah sebelumnya mereka berusaha memasuki berbagai daerah namun selalu terhambat. Nantinya, berkat pelayanan mereka, Lidia dan kepala penjara Filipi menjadi percaya bersama keluarga mereka, dan menjadi cikal bakal berdirinya gereja di kota itu (ay. 13-40). 

Dengan berbagai cara, Allah masih tetap memanggil kita untuk membagikan Injil keselamatan kepada mereka yang belum percaya. Kiranya kita peka terhadap tuntunan-Nya serta menaatinya dengan sukacita.

—HT/www.renunganharian.net


KEHENDAK ALLAH SUDAH JELAS, YAITU AGAR SEMUA ORANG MENDENGAR INJIL KESELAMATAN,
KIRANYA KITA PEKA MENDENGARKAN DAN MENAATI TUNTUNAN-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.