BERHALA

1 2 3 4 5 Rating 4.03 (65 Votes)

Baca: Keluaran 32:15-23

“Mereka berkata kepadaku: Buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir–kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia.” (Keluaran 32:23)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Pengkhotbah 9-12



Aldi rajin berbakti semenjak ia mendapat pacar Luna yang seorang aktivis gereja. Brenda giat mengikuti pelayanan misi yang dipimpin pendeta Anu karena beliau adalah pemimpin rohani favorit sekaligus idolanya. Cindy tekun melayani karena dorongan Ibunya yang sangat ia hormati. Pertanyaannya: masihkah mereka akan segiat dan setekun itu andaikan tanpa kehadiran orang-orang dekat yang sangat berpengaruh itu? 

Sungguh mengherankan, umat Israel kala itu! Sesudah semua mukjizat dan penyertaan Tuhan yang ajaib dalam perjalanan keluar dari Mesir, mereka membuat dan menyembah patung anak lembu emas (ay. 19). Mereka mendirikan patung berhala untuk disembah. Namun, jika dicermati alasan di balik pemberhalaan itu—terkejutlah kita! Alasan mereka membuat patung itu karena tidak tahan menunggu Musa (ay. 1, 23). Mereka gelisah dan tidak dapat membayangkan keberadaannya tanpa dia. Musa adalah segalanya, mereka amat bergantung padanya. Jadi sebenarnya siapa yang mereka berhalakan? Musa! 

Berhala bukan pertama-tama wujud patung atau bendanya, melainkan kebergantungan kita secara batiniah kepada apa (siapa)— melebihi Tuhan. Tokoh idola, pemimpin berkharisma, pembimbing rohani, kekasih, sahabat—bahkan pasangan hidup kita pun— berpotensi menjadi berhala apabila kita tidak waspada. Dan, jika suatu waktu kita dikecewakan, dampaknya bisa seperti pendulum yang berayun ke sisi sebaliknya. Mari, kita memetik pelajaran dari bangsa Israel.

—PAD/www.renunganharian.net


KEBERGANTUNGAN YANG BERLEBIHAN PADA SESUATU (SESEORANG)
SELALU BERPOTENSI UNTUK MELAHIRKAN PEMBERHALAAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.