BERBELA RASA

1 2 3 4 5 Rating 4.52 (23 Votes)

Baca: Amos 5:14-17

Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup; dengan demikian TUHAN, Allah semesta alam, akan menyertai kamu, seperti yang kamu katakan. (Amos 5:14)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Pengkhotbah 5-8



Definisi baik dan indah dapat berlainan menurut orang yang berbeda. Misalnya, ada yang suka mengoleksi foto pemandangan yang elok. Sebaliknya, ada pula orang yang mengoleksi foto pemandangan yang rusak karena bencana alam atau peperangan. Mereka sama-sama mencari foto yang baik dan indah, tetapi berdasarkan definisi masing-masing. 

Dalam nas hari ini, Allah menegaskan sebuah dimensi lain tentang arti mencari Dia. Mencari Allah berarti juga mencari yang baik dan membenci yang jahat. Mencari yang baik berarti melakukan segala sesuatu yang menyenangkan Allah dan bersukacita dalam melakukannya. Apa yang menyenangkan Allah? Amos menyebutkan sikap membela orang yang terpinggirkan. Amos juga menunjuk pada penegakan keadilan dalam kehidupan umat. Membenci kejahatan berarti bukan hanya menjauhi atau tidak melakukan kejahatan, melainkan melawannya agar tidak bercokol lagi dalam kehidupan umat manusia. Nas ini menyoroti dimensi yang lebih dalam dari keberpihakan umat Allah kepada orang yang terpinggirkan. Mencari yang baik dan membenci yang jahat menandakan keberpihakan dan sikap bela rasa pada mereka yang tertindas. 

Di mana pun kita ditempatkan, apakah terjun ke bidang politik, mencurahkan waktu luang bagi pelayanan gereja, atau aktivitas lainnya, yang penting kita terpanggil untuk berbela rasa dengan sesama yang terpinggirkan. Kita turut mengambil bagian dalam memerangi ketidakadilan dan peduli terhadap penderitaan sesama.

—ENO/www.renunganharian.net


LEBAH DIPUJI BUKAN HANYA KARENA IA BEKERJA,
MELAINKAN KARENA IA BEKERJA BAGI SESAMANYA.—St. John Chrysostom


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.