Sudah terbit: Volume 45!
Sudah terbit: Volume 26!

AMANAT AGUNG MEMBIMBING ANAK

1 2 3 4 5 Rating 4.47 (15 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Amsal 22:1-6

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu. (Amsal 22:6)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Amsal 11-14



Anak-anak kita dikepung banyak bahaya: narkoba, pornografi, paham-paham menyimpang (permisivisme, intoleransi, radikalisme), dan banyak lagi. Banyak dari bahaya itu menyergap justru lewat hal-hal favorit mereka: gadget, komik, film, bahkan pertemanan. Gadget, misalnya, memberi akses nyaris tak terbatas ke semua informasi, layak maupun tidak. Celakanya, mereka menikmati hal-hal berisiko itu, bahkan kecanduan. Sebagian karena tak mengerti, yang lain mengerti tetapi mengeraskan hati. Dan, korban pun berjatuhan. Situasinya benar-benar gawat. Pertanyaannya: apa yang sudah kita lakukan? 

Tuhan bersabda, ”Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu”. Itu bukan titah agar kita selalu memegangi anak-anak kita, bukan titah untuk tak henti memata-matai mereka, juga bukan titah untuk menutup semua akses mereka ke semua informasi. Itu tidak mungkin dilakukan, dan tidak menolong. 

Amsal 22:6 adalah amanat agung agar kita menolong anak-anak mematrikan dalam hati mereka sesuatu yang memastikan bahwa mereka akan selalu memilih yang benar, kapan pun, di mana pun, dalam situasi apa pun. Apakah itu? Ketahanan moral, kesadaran nurani yang kuat, yang mendorong anak kita untuk selalu memilih hanya yang benar. Jika itu sungguh mereka miliki, tak kan menjadi soal situasi moral apa pun yang mereka hadapi. 

Pertanyaannya: Membantu anak-anak menumbuhkan dan memiliki ketahanan moralkah yang kita lakukan? Atau ...?

—EE/www.renunganharian.net


Amsal 22:6 ADALAH AMANAT AGUNG MEMBIMBING ANAK, YANG DITITAHKAN
TUHAN KEPADA SEMUA ORANGTUA DAN ORANG DEWASA.—O.S. Raille


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: