Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

EFEK JERA

1 2 3 4 5 Rating 4.26 (38 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Mazmur 103

Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita (Mazmur 103:10)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Hakim-hakim 3-5



Mengapa setelah KPK gencar menangkap dan membongkar korupsi, masih saja ada pejabat yang tertangkap tangan melakukan korupsi? Narapidana terperangkap pada kesalahan yang sama, bahkan lebih canggih lagi, setelah keluar dari penjara? Kalau ditelusuri, salah satu penyebabnya adalah karena hukuman yang diterapkan kurang keras sehingga tidak ada efek jera. 

Namun pernahkah Anda terpikir bahwa kalau saja Tuhan menjadi hakim yang adil tanpa belas kasihan atas perbuatan kita, tak seorangpun diantara kita yang tahan terhadap hukuman-Nya? Sebab jika setiap pelanggaran kita terhadap perintah Allah dikenakan hukuman yang paling ringan sekalipun, tak seorangpun akan sanggup melanjutkan hidupnya, dan pasti akan binasa (Rm. 6:23). Oleh kebaikan-Nya, kita ditebus dari maut. Bahkan Tuhan melimpahkan kepada kita kasih setia dan rahmat (ay. 4). Sungguh luar biasa! 

Kita yang telah ditebus memang tidak lagi mengalami hukuman kekal. Meskipun demikian, Tuhan yang adil tetap mendisiplin kita sebagaimana seorang ayah mendidik anaknya dengan kasih (Ibr. 12:4-6). Pemazmur memang beberapa kali menyebut tentang rasa takut akan TUHAN dalam kaitannya dengan orang-orang yang TUHAN kasihi (ay. 11, 13, 17). Namun yang pemazmur tekankan adalah ungkapan syukur karena TUHAN tidak memperhitungkan pelanggaran kita. Jadi, kita tidak lagi berbuat dosa bukan karena jera akibat hukuman yang sangat berat. Seharusnya, yang mencegah kita kembali berdosa adalah gabungan antara rasa hormat, rasa syukur yang besar, dan kasih kita kepada-Nya. —HEM

KIRANYA KEBAIKAN TUHAN MENGAMPUNI DOSA
JUSTRU MEMBUAT KITA MAKIN TAKUT BERDOSA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: