MOTIVATOR DAN INSPIRATOR

1 2 3 4 5 Rating 4.33 (21 Votes)

Baca: 1 Korintus 9:1-27

Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kemurnianmu. (1 Timotius 4:12)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yosua 7-8



Seorang motivator biasanya menasihati orang lain melalui seminar, kuliah, atau secara pribadi—supaya pikiran, perasaan, dan tindakannya baik, positif, dan benar. Sayangnya, ada motivator yang hidupnya bertolak belakang dengan perkataannya. Ia hanya ingin membangun citra diri sebagai orang yang berpikir positif dan sukses. Ia hanya mencari sanjungan dan uang. 

Agak beda dengan motivator, kita mengenal “inspirator”. Inspirator menginspirasi orang lain melalui teladan hidupnya—lewat perasaan, pikiran, perkataan, perbuatannya. Bisa saja sekali waktu ia berbuat salah dan gagal. Namun saat ia jujur mengakui kesalahan dan kebodohannya, ia justru akan menginspirasi banyak orang tentang arti hidup yang otentik. Inspirator membangun integritas hidup bukan dengan kata-kata, tetapi lewat perbuatan nyata. 

Paulus tak mau menjadi motivator saja. Jangan sampai ia memberitakan Injil agar orang lain percaya, tetapi ia sendiri malah ditolak Tuhan karena ia hanya memberitakan kebenaran, tetapi tidak mengimani atau menghidupi (ay. 27). Ia jujur dengan perkataan dan perbuatannya, serta tidak berusaha membangun citra diri positif demi menuai pujian orang lain (ay. 16). Itu sebabnya ia berani meminta agar jemaat meneladaninya (bdk. Flp. 3:7; 2Tes. 3:7,9; 1Tim. 1:16), sebagaimana Paulus mengikut teladan Kristus (1Kor. 10:11). 

Ia menasihati Timotius, anak bimbingnya, agar menjadi teladan bukan hanya dalam perkataan, tetapi dalam tingkah laku, kasih, kesetiaan, dan kesucian hidup. Bagaimana dengan Anda dan saya? —SST

TAK SEKADAR MEMOTIVASI ORANG LAIN DENGAN PERKATAAN
MARI MENGINSPIRASI ORANG LAIN MELALUI HIDUP KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.