Sudah terbit: Volume 42!
Sudah terbit: Volume 25!

TAKUT DITOLAK

1 2 3 4 5 Rating 4.32 (22 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 Korintus 9:19-27

Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak. (1 Korintus 9:27)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yohanes 6-8



Membawa misi kebenaran di tengah lingkungan yang mengedepankan pola pikir duniawi memerlukan pemikiran yang serius. Dalam lingkungan kerja yang sudah telanjur mempunyai kebiasaan korup, misalnya. Orang yang menolak sistem itu kemungkinan akan ditolak dan dianggap sok suci. Parahnya, ia bisa terancam kehilangan pekerjaan. Karena itu, demi menjaga keselamatan dan perdamaian antarkaryawan, banyak orang memilih diam, bahkan cenderung mengikuti arus. 

Paulus menghidupi sikap dan prinsip pelayanan yang didasarkan pada perjuangan dan penguasaan diri. Karena itu ia mendisiplinkan diri seperti pelari yang tidak hanya menempuh perlombaan dengan sebaik mungkin, namun juga mempersiapkan diri dengan sangat matang sebelumnya. Paulus berjuang menguasai diri supaya tidak diperbudak oleh keinginan yang melenceng dari kehendak Tuhan. Bukan perkara yang mudah. Ia rela kehilangan segala sesuatu yang dipandang sebagai kenikmatan duniawi demi mengejar hadiah surgawi dari Allah. Ia memfokuskan diri pada kehidupan yang berkenan kepada-Nya karena ia takut akan satu hal: pelayanannya ditolak oleh Allah. 

Selama hidup di dunia, kita terus mempersiapkan diri menghadapi pertandingan. Bukan dengan melawan sesuatu yang berasal dari luar, melainkan dengan melawan segala keinginan dari dalam diri yang melenceng dari kehendak Tuhan. Kita tidak akan mudah dipengaruhi iming-iming dari luar yang ingin memperbudak kita jika kita terus hidup dalam kendali Roh Kudus yang menuntun kita dalam penguasaan diri. —EBL

TERUS BERLATIH MENGUASAI DIRI MEMAMPUKAN KITA
MENGEMBANGKAN POTENSI UNTUK MENCAPAI SASARAN ILAHI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: