Sudah terbit: Volume 42!
Sudah terbit: Volume 25!

KUASA DOA

1 2 3 4 5 Rating 4.41 (41 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Efesus 6:10-20

Dengan segala doa dan permohonan, berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk semua orang kudus… (Efesus 6:18-20a)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 41-44



Seorang sahabat saya di Jawa Timur, Tanto (bukan nama sebenarnya), dijebloskan ke penjara dengan tuduhan penistaan agama. Ia tahu dirinya tidak bersalah dan memohon Tuhan membebaskannya. Kemudian ia mendengar bisikan di hatinya, “Engkau pernah berjanji akan melakukan apa pun bagi-Ku, bukan?” Tanto tersentak. Ia menangis dan menyembah Tuhan, “Tuhan aku bersungguh-sungguh.” Sejak saat itu ia tak menangisi nasibnya lagi, melainkan bersama teman-temannya bersaksi di penjara, mengajar para tahanan. Mereka sangat dipercaya oleh para sipir. Tuhan mengizinkannya masuk penjara untuk memberinya ladang misi yang baru. Tanto dipenjara 6 tahun tanpa dakwaan yang jelas hanya karena hakim berpikir ia malah akan tidak aman bila berada di luar penjara.

Ketika melayani Tuhan, tentu kita tidak berharap mengalami penderitaan. Kebanyakan kita ingin hidup dengan iman minus penganiayaan. Namun yang terjadi justru sering sebaliknya. Kita kecewa karena tidak diperhitungkan oleh atasan. Kita tidak dipandang dalam acara sosial. Kita merasa tidak berarti. Merasa dihianati dan dibuang.

Kalau kita mengalami kesulitan hidup sebagai konsekuensi iman, Paulus menasihatkan agar kita terus mencari Tuhan dalam doa dan penyerahan diri. Saat melakukannya, kita akan mendapati bahwa doa dapat mengubah cara pandang kita. Kita akan melihat peluang untuk maju. Kita menerima pengharapan dan janji di tengah kesengsaraan: walaupun tampak tidak adil, semua yang kita alami merupakan bagian dari rencana-Nya.—PRB

MENCARI WAJAH TUHAN AKAN MENGUBAH CARA PANDANG KITA ATAS UJIAN,
MEMBANGKITKAN SEMANGAT DAN PENGHARAPAN KITA DALAM MENJALANINYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: