Sudah terbit: Volume 51!
Sudah terbit: Volume 33!

DOA BAGI PEMIMPIN

1 2 3 4 5 Rating 4.22 (23 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Mazmur 72

Kiranya ia memberi keadilan kepada orang-orang yang tertindas dari bangsa itu, menolong orang-orang miskin, tetapi meremukkan pemeras-pemeras! (Mazmur 72:4)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ulangan 3-4



Tidak mudah memimpin bangsa yang besar dan penuh keragaman seperti Indonesia ini. Oleh karena itu, kita perlu mendukung pemerintah dan program kerjanya. Akan tetapi, kita juga perlu bersikap kritis. Kritis supaya keadilan, kebenaran, kemakmuran, dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat dapat terwujud.

Mazmur ini berisi doa Salomo, seorang raja besar. Doa yang jujur dan penuh harapan terhadap dirinya agar dapat memerintah dengan bijak, baik, dan benar. Harapan agar dalam memerintah ia dapat memberikan keadilan kepada orang yang tertindas dan damai sejahtera bagi seluruh rakyat. Harapan agar kesejahteraan secara politis, ekonomi, dan keadilan dapat dinyatakan kepada segenap rakyat. Harapan agar dapat menegakkan hukum dan keadilan terhadap mereka yang berlaku tidak adil dan suka memeras sesama anak bangsa. Harapan agar dalam memerintah, ia dapat selalu menunjukkan keberpihakan kepada mereka yang lemah, miskin, tertindas, dan tidak punya penolong. Hanya dengan berlaku demikianlah, kekuasaannya mendatangkan kesejahteraan bagi orang banyak.

Demikian pula harapan kita terhadap pemerintah bangsa ini. Beban dan tanggung jawab mereka besar dan berat. Doa kita kiranya menguatkan mereka untuk berusaha sebaik mungkin dalam mengupayakan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera. Sikap kritis kita kiranya mengingatkan dan mengarahkan mereka untuk tetap menjalankan program yang menyejahterakan rakyat dan tidak melenceng dari semangat kejujuran, keadilan, dan kebenaran.—AAS

KRITIS TERHADAP PEMERINTAH ITU PERLU.
MENDOAKAN MEREKA SUPAYA MEMERINTAH DENGAN ADIL
DAN BIJAKSANA JUGA PENTING.


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: