CUKUP DIDOAKAN

1 2 3 4 5 Rating 4.24 (25 Votes)

Baca: Amsal 16:1-9

Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu. (Amsal 16: 3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Amsal 6-10



Siapa yang tidak bersukacita mendengar ayat nas hari ini? Bayangkan jika segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana kita! Menyenangkan, bukan? Siapa pun tentu mengusahakan berbagai cara agar rencana pribadi bisa berhasil. Kita berpikir, jika syaratnya “sekadar” menyerahkan perbuatan ke dalam Tuhan, bukankah ini suatu perkara yang mudah? Berdoa dan selesai. Tinggal tunggu hasilnya. Benarkah?

Tanpa sadar, kita kerap kali menggunakan ayat-ayat Alkitab untuk mencari keuntungan diri sendiri dan meneguhkan keinginan-keinginan kita. Ini adalah salah satu ayat favorit bagi orang yang sedang berencana, bukan? Kemudian, kita menganggap segala rencana pasti beres jika dibawa dalam doa kepada Tuhan. Kita menghindari ayat lain yang sepertinya tidak sejalan walaupun mungkin ayat tersebut merupakan ayat kunci utama di Alkitab. Kita kerap hanya berhenti di ayat 3 bacaan kita dan tidak terlalu memperhatikan ayat sebelum dan sesudahnya. 

Kita perlu menyelaraskan setiap perencanaan kita dengan standar dan kehendak Tuhan. Ayat 1 dan 2 menunjukkan bahwa apa yang baik di mata manusia belum tentu baik bagi Dia dan karenanya kita perlu mencari kehendak-Nya dengan lebih sungguh-sungguh. Setelah ayat tiga kita mendapati bahwa Tuhan akan menyelaraskan rencana kita agar sesuai dengan kehendak-Nya. Dan itu berarti akan ada pembelajaran yang kita jalani sepanjang proses tersebut. Sudahkah kita menyelaraskan diri dengan rencana Tuhan?—EBL

JANGAN MENILAI RENCANA DENGAN STANDAR KEBAIKAN KITA,
TETAPI UKURLAH MENURUT STANDAR KEBENARAN TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.